Minggu, 22 Juli 2012

RITUAL UNIK



RITUAL UNIK SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DI BONE

Sejumlah makanan tradisional yang disiapkan dalam prosesi ritual menyambut Ramdhan di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Jumat, (20/07/2012).
Ada hal yang menarik yang dilakukan oleh warga Kabupaten Bone Sulawesi Selatan dalam menyambut bulan suci Ramdhan yakni berkumpul dalam satu rumpun keluarga dengan menyaijikan berbagai macam makanan tradisional serta sejumlah hasil bumi.
Malam pertama Ramadhan telah tiba, selain dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, hal ini juga dijadikan ajang silaturrahmi antar sanak keluarga sebagai rangkaian dari ritual menyambut bulan Ramadhan.
Dalam ritual ini, seluruh sanak famili harus berkumpul bersama sembari menyiapkan berbagai macam makanan tradisional seperti nasu Sokko, nasi Poppo serta sejumlah hasil bumi lainnya.
Ritual ini digelar setelah semua anggota keluarga baik yang dari rantau sudah berkumpul dalam rumah. Setelah semua jenis makanan disiapkan, prosesi ritual pun dimulai dengan ditandai pembakaran kemenyan atau dupa oleh kepala keluarga.
Sementara seluruh keluarga duduk bersilah melingkari sajian makanan sambil mengikuti doa dan dzikir yang dipimpin oleh kepala keluarga, sebagai ungkapan rasa syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
Usai lantunan dzikir dan doa, maka dilanjutkan dengan menyantap makanan yang telah disajikan dan tentunya semua makanan harus dihabiskan tak boleh ada yang tersisa.
"Ritual ini merupakan tradisi dari nenek moyang kami dalam menyambut bulan suci Ramadhan tujuannya tak ada yang lain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah," ujar Ibrahim, salah seorang Kepala Keluarga yang memimpin ritual ini. Jumat, (20/07/2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar